LokasiDewasa – Libido rendah yang dialami oleh para wanita merupakan sebuah hal yang cukup paling sering terjadi. Selain libido yang rendah, wanita juga lebih sering mengalami kesulitan untuk orgasme. Sekitar 40% dari para wanita akan mengalami penurunan libido dalam hidupnya. Namun, janganlah khawatir, karena masalah libido rendah dapat diatasi.

Baca juga: 5 Tips Aman Menggunakan Sex Toys Agar Tidak Tertular Penyakit Kelamin

Berikut ini 4 cara mengatasi rendahnya nafsu seks pada wanita:

Meditasi kesadaran penuh

Sebuah studi di University of British Columbia yang diikuti oleh 117 wanita menemukan bahwa terapi selama 90 menit yang menekankan perhatian penuh pada sensasi tubuh, dan dilakukan dalam 6 bulan, dapat meningkatkan gairah seksual, rangsangan, dan mengurangi gejala stres dan depresi yang berhubungan dengan seks.

Akupuntur

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Alternative Complementary Medicine menemukan bahwa wanita berlibido rendah yang melakukan akupuntur selama 12 minggu berturut-turut telah mengalami peningkatan pada libido dan lubrikasi. Selain itu, akupuntur juga dapat memberi pertolongan pada efek samping obat antidepresi (efek samping yang menyebabkan beberapa disfungsi seksual pada 50-90% pasien).

Terapi hormon

Kelelahan sering mengakibatkan libido rendah. Tingkat biokimia, kelelahan, dan stres mendorong hormon tertentu untuk turun, seperti testosteron dan DHEA (dehydroepiandrosterone) yang berfungsi untuk kesuburan. Kedua hormon tersebut dianggap sebagai hormon pria, namun juga dapat ditemukan dalam tubuh wanita dengan jumlah yang sedikit. Meskipun tingkat testosteron dan DHEA tergolong rendah, tetapi ini dapat berpengaruh terhadap peningkatan libido.

Yoga

Sebuah studi dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa setelah menjalani yoga selama 12 minggu secara teratur dengan waktu 10 menit per hari, para wanita melaporkan bahwa kepuasan, keinginan, gairah terhadap seks, dan orgasme meningkat. Selain itu, rasa nyeri juga berkurang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here