LokasiDewasa – Setiap orang pastinya punya pengalaman yang unik saat bangun tidur, ada yang bangun dengan senyuman karena mimpi indah atau bahkan mimpi basah tapi ada juga yang bangunnya justru sedih. Kalau ini sih biasanya karena mimpiin mantan naik pelaminan, ehh ups.

Well, momen bangun tidur memang biasanya bakal dihadapi dengan berbagai macam kondisi. Tapi walaupun beda, ada satu hal yang sebenarnya dialami semua orang. Pastinya saat Anda bangun, Anda tentu masih akan menguap bukan? Nah, saat menguap aroma apa yang Anda cium waktu itu? Tidak mencium aroma apa-apa? coba dekatkan telapak tangan ke mulut lalu hembuskan sedikit udara dari mulut Anda, setelah itu hirup dalam-dalam, dijamin pagi Anda langsung berantakan karena baunya.

Hal seperti itu merupakan kejadian yang hampir dialami semua orang, bahkan bau yang dikeluarkan pun berbeda-beda. Ada yang baunya kayak ikan mentah, bau daging, bau telur busuk atau bahkan bau bangkai. Apapun itu, tentu bau menyengat seperti itu bikin tidak nyaman. Bahkan bisa saja Anda yang bangun dengan segar tiba-tiba langsung gak berenergi karena tertampar dengan aromanya. Tapi ya gak usah lebay juga toh baunya kan dari mulut Anda sendiri.

Nah, kira-kira nih bau menyengat itu dari apa ya? masa iya sih kalau baunya kayak bangkai kaos kaki yang abis di pake fustal seminggu tapi gak pernah dikeluarin dari sepatu, karena makan kaos kaki? Gak kan. Dari pada menebak-nebak ini alasan kenapa kalau bangun tidur mulut bau tak sedap.

Dari hasil penelitian nih, mulut bau tak sedap waktu bangun tidur itu karena bakteri yang ada di dalam mulut. Ya di dalam mulut kita itu ada banyak bakteri, yang mana bakteri tersebut bertugas untuk menggerogoti sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut. Proses itulah yang menghasilkan bau menyengat karena juga mengandung zat sulfur.

Selain karena proses pemecahan makanan, bau tak sedap dari mulut juga karena saat tidur kondisi mulut kita pun cenderung tertutup. Jadinya tidak memungkinkan adanya sirkulasi udara untuk mengeluarkan zat sulfur tersebut.

Sebenarnya sih , proses tersebut tidak hanya terjadi pada malam hari saja. Tapi di siang hari bakteri di dalam mulut pun tetap bekerja. Hanya saja di siang hari mulut kita lebih aktif ketimbang malam hari. Entah itu dengan makan, minum ataupun saat kita sedang berbicara. Jadinya di siang hari kelenjar air liur memproduksi lebih banyak air liur jadi bakteri tidak dapat bekerja seperti di saat malam hari.

Tapi selain karena kerja bakteri, bau mulut tak sedap juga bisa disebabkan dari makanan yang kita konsumsi. Ya ada beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat memicu bau tak sedap dari mulut. Selain itu, efek pola hidup yang tidak sehat seperti malas gosok gigi juga termasuk penyebab mulut berbau tak sedap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here