LokasiDewasa – Momen melahirkan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap wanita. Sayangnya, tak sedikit para moms berpikir jika proses persalinan begitu menyakitkan.

Maka tak heran jika kini banyak yang memilih proses persalinan secara ceaser. Padahal moms, tahukah kamu jika terdapat sebuah metode yang dapat menghilangkan rasa cemas dan sakit ketika melahirkan. Praktisi hypnobirthing sekaligus pemilik Pro V Clinic (Holistic Care), Lanny Kuswandi mengatakan metode tersebut ialah hypnobirthing, suatu hipnosis dan birthing yang diberikan atau dilatihkan ke ibu hamil supaya saat persalinan berjalan lancar dan meminimalkan trauma. 

“Hipnoterapi ini adalah upaya alami dalam menanamkan niat positif untuk memperlancar proses kehamilan,” ujar Lanny Kuswandi saat ditemui tim Vemale.co.

Lanny mengatakan, ini merupakan metode memprogram alam bawah sadar ibu hamil agar merasa rileks dan nyaman, sehingga mereka tidak ada rasa takut atau khawatir sakit selama proses persalinan. Untuk itu ia menyampaikan, kondisi tenang adalah kunci utama saat proses persalinan berlangsung. Sebab jika moms tenang, pikiran positif akan membuat persalinan tidak sakit.

“Melahirkan di alam bawah sadar hampir semua bilang nyeri. Kami harus reprograming juga dengan mengondisikan ibu itu rileks. Kami kasih sugesti positif,” tambahnya.

Di dalam tubuh manusia, Lanny mengatakan terdapat endorphin atau morfin alami yang bisa meredakan nyeri saat melahirkan. Ia pun menjelaskan, untuk terapi ini bisa dilakukan sejak sedini mungkin, rata-rata yang datang di trisemester kedua (28 minggu). “Kalau kondisi stresnya enggak terlalu mendalam biasanya hanya mendengarkan CD, kalau mendalam butuh pendampingan terapis dengan sugesti, syaratnya harus masuk ke dalam tahap rileksasi dalam dari alfa, sampai ke delta,” ujarnya.

Bahkan, terapi Hypnobirthing ini bisa dilatih di rumah. Dengan didampingi keluarga seperti suami, agar suami dapat memberikan semangat atau dorongan positif pada sang istri. 

“Bisa latihan sendiri di rumah sendiri. Kami kasih CD, panduan kasih daftar yang harus dilakukan supaya bisa dilakukan di rumah. Suami mendampingi. Di era holistik ini lebih menghayati pikiran maupun energi. Kalau aura suami negatif, istri bisa terpengaruh saat melahirkan. Usahakan agar suami selalu memiliki aura positif. Suami penting jadi pendamping untuk ingetin tarik napas, ingetin untuk rileks,” tutupnya.

Well mom, nggak perlu takut saat melahirkan. Dengan pikiran yang tenang, proses melahirkan pasti akan berjalan lancar dan tidak sakit.